Jumat, 24 Desember 2010

Pig Squeal Training – Melatih Vokal Pekikan Babi (Inhale)

Sebelum dimulai, persiapkan dulu diri anda – terutama tenggorokan anda. Bila tenggorokan sedang dalam keadaan sakit, latihan ditunda dulu. Tenggorokan harus dalam keadaan baik untuk latihan. Hal ini dikarenakan latihan saat tenggorokan sakit akan membuat tenggorokan anda semakin sakit dan bahkan dapat merusak pita suara.

Bila tenggorokan anda dalam keadaan baik, anda dapat langsung memulai latihan ;

Pertama, mulailah dengan menarik nafas menggunakan diafragma. Atur pernafasan hingga difragma anda terbuka dan nyaman dengan pernafasan mulut – penarikan nafas melalui mulut. Setelah dirasa cukup, mulailah dengan menarik nafas dalam-dalam dengan suara yang dibuat seperti pekikan babi, dengan pitch rendah. *1

Kemudian mulailah mengucapkan kata-kata yang berakhiran dengan –ee, –oe, –ue, –ae, –ei, –oi atau –oo seperti suara babi (utamanya adala yang berakiran–ee) dengan mengatur bibir anda.*2 Dalam hal ini, anda dapat menggunkana potongan-potongan lirik dari lagu-lagu All Shall Perish, Suicide Silence, Job For A Cowboy, Whitechapel, atau Despised Icon untuk membantu. Selain itu, untuk memerlancar latihan, dalam membentuk suatu kata, gerakkan lidah dalam rongga mulut anda. Hal yang umum dilakukan adalah menggerakkan lidah dengan mengarahkannya ke arah langit-langit rongga mulut saat mengucapkan suatu kata. *3

Catatan :

Lakukan latihan diatas hingga ada cukup lancar dan mampu mengucapkan beberapa kata berbeda/kalimat dengan teknik ini.

Perlu diiketahui, dikarenakan pita suara setiap orang berbeda-beda, maka jangan memaksakan untuk berlatih meniru (mirip) suara band-band yang menggunakan teknik Pig Squeal ini. Karena pada dasarnya, setiap orang memiliki pita suara dan jenis suara yang berbeda, dan bila anda melakukan hal tersebut – meniru – pita suara anda selain tidak akan sesuai/sama persis, juga dapat menyebabkan anda mengalami peradangan bila memaksakannya.

*1 Bila tenggorokan anda sakit, berhenti dulu dari latihan. Dan jika dalam melakukan hal ini anda terbatuk, mungkin anda salah dalam melakukannya.

*2 Bila anda tidak dapat menemukan kata umum dengan akhiran –ee, –oe, –ue, –ae, –ei, –oi atau –oo, anda dapat membuat kata sendiri dengan menambahkan akhiran tersebut – bila anda lebih suka cara ini dibanding mengambil potongan-potongan lirik lagu dari band yang menggunakan teknik vokal serupa.

*3 Arah lidah ini dapat dirubah-rubah sesuai keinginan anda dan kebutuhan kata yang ingin diucapkan bila anda sudah mahir, untuk membentuk kata yang bermacam-macam.

P.S. :

Teknik ini dapat meyebabkan kerusakan permanen pada pita suara bila berlebihan menggunakannya – terlalu sering bernyanyi menggunakan teknik Pig Squeal.

Minumlah air putih dan teh untuk menjaga pita suara dan tenggorokan anda selalu dalam keadaan baik.

Hindari meminum susu dan coklat, terutama yang dingin.
Pada dasarnya, minuman dingin memang tidak baik untuk menjaga keadaan pita suara.

28 komentar:

  1. thanks y bro,
    w gi lthn tknik ini ssh bgt, w ngerasa power dri diafragma w kurang, trus lidah w blm biasa. klo w nyanyi 8 kta yg seharusnya di pig squel psti yg kna cma 2-5kta, 6-8 miss mlu, w lthnnya skrng gtratur sih, soalnya da mau ulangan.
    kra2 da ga artikel tentang pernafasan diafragma...?

    eh soriya w jdi curhat disni....hehehe
    di tnggu y artikelnya.
    thanks a lot.

    BalasHapus
  2. Latihan yang lebih keras lagi bro. Untuk powernya, man musti lebih dilatih lagi. Dan khusus untuk pig Squeal (inhale), kamu musti berhemat saat menarik nafas, supaya bisa menghasilkan lebih banyak kata.
    Artikel tentang pernafasan diafragma udah di posting. Buka di http://atheisblackmetal.blogspot.com/2010/12/memaksimalkan-kemampuan-diafragma-dan.html

    Thanks dah sering-serin berkunjung bro ! \\M//

    BalasHapus
  3. gampang aja sih.. pertama lihat videonya cannibal corpse terus baca liriknya, tirukan suara babi,, terakhir coba ucapin liriknya cannibal corpse tadi pake suara babi.. yang penting jangan ditahan

    BalasHapus
  4. gw udah bisa nih bro hahaha thanks atas tips nya \m/

    BalasHapus
  5. saya emang butuh Teknik vokal ini thanks yah

    BalasHapus
  6. w lgi blajar teknik ini ni..
    yg w dapetin cuma suara yg tinggi nya...
    yg rendah ssh ngatur pernafasan nya..
    kyk mn cara nya???

    BalasHapus
  7. sebaiknya disedot aja,,kalo disedot gak bikin sakit pita.tapi kalo di hembus,pita loe mesti jepit,trus lidah di bentuk ke atas.trus hembus sekuat nafas.biar copot pita suaramu.hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Q lgi bwain lgux mortus n tengkorak. Gk bs2 brad. Klo dsedot mna bs brad. Mortus n tengkorak kan suara exhaler. Ksik saran donk brad bwt pemula kyk q. Nntik q ksik cium jauh. Wkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Q lgi bwain lgux mortus n tengkorak. Gk bs2 brad. Klo dsedot mna bs brad. Mortus n tengkorak kan suara exhaler. Ksik saran donk brad bwt pemula kyk q. Nntik q ksik cium jauh. Wkwkwkwkwk

      Hapus
  8. gak susah kalo mau mencoba..
    mau inhale ato exhale, itu semua gampang karena aku bisa.. ^_^

    BalasHapus
  9. susah bngett nih gw gak bisa2

    BalasHapus
  10. GAMPANG..... W DAH LOLOS SEMUA..WKWKWKW

    BalasHapus
  11. Thx Ya Jdi Ltihan Band Mulu Hehehe....

    BalasHapus
  12. thanks bro gua udah bisa ni. makasih tips nya

    BalasHapus
  13. bree..breee...
    mudah aja..sering-sering dengerin lagu2 dr band pig squeal..
    -WBTBWB
    -Waking The Cadaver
    -Cap De Craniu
    -Postmortem promises
    -The juliet massacre,dsb..ty <<just info

    BalasHapus
  14. oh jadi piq squeal itu inhale ya bro

    BalasHapus
  15. kalo tekhin Growl gimana

    BalasHapus
  16. Trainingnya bagus,saya jadi gampang mempelajarinya

    BalasHapus
  17. SIpp Mas keren lo.. gua usahain deh biar tambah lancar

    BalasHapus
  18. gmna cara mengatur nafas nya bro ??

    BalasHapus
  19. susah mas, bingung caranya gimana

    BalasHapus
  20. kalau susu hangat masi boleh bro?

    BalasHapus
  21. cukup 2 hari aja aku latihan stelah itu hahay suksessss

    BalasHapus
  22. aduhh lidah aku kan cadel jd susah utk PS

    BalasHapus