Minggu, 05 Desember 2010

Tyr – The Faroe’s Viking Metal Band

Tyr adalah band yang berasal dari Kepulauan Faroe, yang namanya bila diartikan berarti “dewa pertempuran”, didirikan pada bulan Januari tahun 1998 dengan genre utama Viking, Folk, dan Progresive Metal, dengan tema - tema lagu yang berkisar pada musik tradisional faroe, kehidupan viking dan masyarakat norwegian lama, cerita dan mitologi, serta sejarah masa lampau.

Pada awalnya band ini didirikan oleh Heri Joensen dan teman lamanya Kari Streymoy – sebelumnya bersama Kari dan Thomsen, mereka pernah membentuk band dengan nama Cruiser yang taka lama kemudian berganti nama menjadi Wolfgang, namun band lama mereka ini tak menelurkan album – kemudian masuklah Gunnar H. Thomsen sebagai basis.

Dengan komitmen anggota band Tyr untuk menhancurkan prasangka tentang musik metal yang dibangun oleh perusahaan - perusahaan label rekaman untuk menemboki dan membeda – bedakan setiap genre metal yang telah ada, mereka menggunakan genre heavy metal keseluruhan secara general pada lagu - lagu mereka.

Dalam Paganfest tahun 2008, Tyr dituduh oleh BIFFF Jerman sebagai penganut Nazi dengan dalih mereka menggunakan simbol-simbol yang sering digunakan mereka, mengagung - agungkan rasisme dan fasisme. Namun tuduhan ini langsung disangkal oleh Heri Joensen, dan Ville Sorvali (Moonsorrow) dengan pernyataan bersama bahwa Tyr tidak berhubungan dengan “kelompok-ekstrim-kanan” itu dan bahkan Tyr sendiri adalah band yang mendukung perlawanan terhadap ajaran fasisme.

Kabar terbaru dari band yang digawangi oleh Heri Joensen (vokalis/gitar), Terji Skibenæs (gitaris), Gunnar H. Thomsen (bassis) dan Kári Streymoy (drum) pada tahun 2010 ini, bersama Amon Amarth dan Holy Grail, mereka mengadakan tur di Amerika Utara. Selain itu, mereka juga mendirikan group di jejaring sosial facebook untuk memberikan klarifikasi dan berita yang benar tentang Tyr, serta menanggulangi adanya pandangan politik tidak diinginkan yang distigmakan kepada mereka.

Discography :

Demo (Demo/2000)
Ólavur Riddararós (EP/2002)
How Far to Asgaard (2002/Dirilis kembali pada 4 November 2008)
Eric the Red (2003/Dirilis kembali pada 24 Maret 2006)
Ragnarok (2006)
Land (2008)
By the Light of the Northern Star (2009)
Black Sails Over Europe (Split album bersama Alestorm and Heidevolk/2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar