Senin, 21 Juni 2010

Sepultura – The Groove Metal Band

Band ini pada awalnya terdiri dari Max Cavalera (gitaris), Igor Cavalera (drum), Paolo Jr. (bassist), dan Wagner Lamounier (vokalis). Namun tak berlangsung lama, Wagener keluar dari band ini, posisinya kemudian digantikan oleh Max yang merangkap sebagai gitaris. Karena keterbatasan personil, Jairo Guedes diundang untuk menjadi gitaris dalam band ini, namun posisinya dalam band ini juga tak berlangsung lama.

Pada awalnya band ini menggunakan genre Heavy Metal. Kemudian munculnya band venom dan beberapa band-band metal keras lain di tahun 80an mengubah arah musik band ini yang menjadi lebih berat lagi. Beberapa genre yang telah dijajal oleh band ini diantaranya Death Metal, Thrash Metal, Industrial, Hardcore Punk, bahkan Extreme Metal tak lepas dari eksperimen genre oleh band bernama Sepultura ini.

Kemunculan album pertama mereka penuh dengan alunan heavy metal dirilis melalui Cogumelo Records berjudul Bestial Devastation pada tahun 1995. Album kedua mereka juga dirilis di tempat yang sama (Morbid Visions), album yang sarat dengan alunan death metal ini cukup banyak memberikan sumbangan untuk genre yang memang baru terbentuk pada pertengahan tahun 80an tersebut. Morbid Visions sendiri yang dirilis pada tahun 1986 menjadi bagian dari album death metal murni.

Setahun setelah dirilisnya album pertama mereka, gitaris band Jairo Guedes keluar dan digantikan oleh Andreas Kisser yang posisinya dalam band Sepultura bertahan hingga hari ini. Di tahun yang sama, sepultura merilis album ketiga berjudul Skizofrenia (1987). Album ini begitu sukses hingga mereka berhasil mendapatkan kontrak kerja dengan Roadrunner Records.

Album keempat mereka dirilis pada tahun 1989 bertitel Beneath the Remains. Perilisan album ini disusul tour panjang band Sepultura di Eropa dan Amerika. Album ini sendiri menempati rekor sebagai death metal 40 records dan one of the all-time top 20 thrash metal.

Pada tahun 1990, Sepultura pindah ke Phoenix, Arizona, Perpindahan ini tak disia-siakan oleh band ini yang dengan lansung memulai penggarapan album baru mereka. Album baru ini (Arise) kemudian dirilis di Morrisound Studios di Tampa, Florida pada tahun 1991, dan menempati peringkat ke 119 dalam Billboard 200.

Album keenam dirilis pada tahun 1993 berjudul Chaos AD. Album ini adalah album yang dapat dibilang sebagai yang terbaik, dan menjadi salah satu album heavy metal terbesar sepanjang masa. Dalam album tersebut, selain genre-genre utama yang digunakan band ini dipadukan dengan musik-musik Industrial, Hardcore, dan Extreme metal.

Albumnya yang keenam berjudul Root (rilis 1996) berbeda lagi, genre yang digunakan menggunakan alunan heavy metal campuran. Namun sangat disayangkan, setelah album ini dirilis, anggota band Sepultura memecat manajer mereka, Gloria – yang tak lain istri dari Max Cavalera.

Pemecatan ini menyebabkan ketegangan dalam band, yang pada akhirnya pada tahun 1996, Max Cavalera keluar dari band kearena istrinya tak lagi mendapat perbaruan kontrak. Max kemudian membentuk band baru bernama Soulfly. Sedangkan posisi Max digantikan oleh Derrick Green sebagai vokalis. Dengan line up baru tersebut, band ini mulai menggarap album baru yang kemudian dirilis pada tahun 1998 berjudul Against. Namun, album ini tak sesukses album-album sebelumnya.

Album mereka yang kedelapan berjudul Nation (sangatlah buruk di pasaran). Akibatnya band ini diharuskan hengkang dari Roadrunner Records. Roorback dirilis paa tahun 2003 melalui SPV Records. Dan album inipun tak jauh berbeda dengan album sebelumnya – penjualannya cukup jelek.

Di tahun 2006, desas desus bahwa Max akan kembali pada band ini muncul, namun langsung disangkal oleh Kisser. Ujungnya, seluruh keluarga Igor Cavalera hengkang dari band ini.

Album kesembilan mereka berjudul A-Lex dirilis tanpa pembentuk awal band ini, yaitu Max dan Igor. Album ini dirilis pada tahun 2009.

Di tahun ini, Sepultura menjadi bagian dari Open Air Summer Breeze Heavy Metal festival di Jerman. Festival ini akan diadakan pada tanggal 19 sampai 21 Agustus ini berlangsung di Dinkelsbühl, Bavaria.

Album / Discography:

Bestial Devastation (1985)
Morbid Visions (1986)
Schizophrenia (1987)
Beneath the Remains (1989)
Arise (1991)
Chaos A.D. (1993)
Roots (1996)
Against (1998)
Nation (2001)
Roorback (2003)
Dante XXI (2006)
A-Lex (2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar