Rabu, 16 Juni 2010

The Groove Metal Band - Devildriver

Devildriver yang pada awalnya bernama Deathride adalah band Groove Metal/Melodic Death Metal yang berasal dari Santa Barbara, California, Amerika Serikat. Band ini dibentuk pada tahun 2002 oleh Dez Fafara (vokalis) yang merasa tidak puas akan Coal Chamber. Fafara akhirnya membuat band sendiri yang bernama Deathride yang terdiri dari, Evan Pitts (gitaris), Jeff Kendrick (gitaris), John Boecklin (drumer) dan Jon Miller (bassist). Namun pada akhirnya Evan pits digantikan oleh Mike Spreitzer sebagai gitaris.

Band ini kemudian berganti nama menjadi Devildriver. Nama itu sendiri terinspirasi dari “evil driver” yang mengacu pada penyihir italia yang menggunakan lonceng untuk mengusir kekuatan jahat pergi.

Di awal-awal tahun dibentuknya band, Devildriver merilis album debutnya yang berjudul Thirteen dan Straight to Hell yang cukup sukses mengangkat nama band ini. Setelah diluncurkannya dua debut awal, band ini kemudian merilis album pertamanya berjudul Devildriver pada tahun 2003 melalui Roadrunner Records.

Album kedua mereka yang berjudul The Fury of Our Maker's Hand dirilis pada tahun 2005. Album yang cukup sukses tersebut, selain mendapatkan kritik yang positif, juga menembus chart 117 pada billboard 200.

Setelah perilisan album tersebut, band ini mengadakan tour di Amerika Serikat, Eropa, dan Australia. Dalam tour tersebut, band-band terkenal seperti In Flames, Fear Factory, dan Machine Head ikut mengikuti tour bersama band ini. Setelah tour ini selesai, Devildriver melanjutkannya dengan tour Burning Daylight.

Juni 2007, band ini merilis album baru berjudul The Last Kind Words. Album ini masuk dalam grafik Jerman di nomor 92, dan nomor chart 48 di Billboard 200. Promosi untuk album ini dapat dirasa cukup baik. Di tahun tersebut, Devildriver muncul di Ozzfest, dan membuat aksi panggung di Wolverhampton Civic Hall, dan ikut serta dalam Download Festival at Donington Park bersama Linkin Park, Iron Maiden, dan MCR. Aksi-aksi ini cukup sukses dan membuat nama band ini kian melambung.

Album mereka yang berjudul Pray for Villains dirilis pada 14 July 2009. Album ini menembus angka nomer 35 dalam chart billboard 200, yang dapat dikatakan album tersukses yang pernah dibuat mereka.

Berita terakhir dari band ini adalah bahwa Devildriver akan merilis album terbaru mereka pada bulan Oktober tahun 2010.

Discography / Albums :

DevilDriver (2003)
The Fury of Our Maker's Hand (2005)
The Last Kind Words (2007)
Head on to Heartache (2008/EP)
Pray for Villains (2009)

1 komentar: