Jumat, 19 Februari 2010

Dissection - The Black/Death Metal Band

Dissection adalah band yang berasal dari Stromstad, Swedia. Band ini dibentuk pada tahun 1989 oleh Jon Nödtveidt. Genre yang digunakan adalah Black/Death Metal.

Jon Nödtveidt sendiri, pada tahun 1988 pernah mejadi personil band Siren's Yelot. Setelah band ini (Siren's Yelot) dibubarkan pada tahun 1989, Jon Nödtveidt bergabung dengan band Rabbit’s Carrot. Namun tak berlangsung lama, ia meninggalkan band tersebut, dan membentuk Dissection.

Setahun setelah dibentuk, band ini merilis demo pertamanya, The Grief Prophecy yang menampilkan seniman yang dikenal sebagai Necrolord. Album tersebut juga dipersembahkan kepada Dead. Personil Mayhem yangh mati bunuh diri pada Edisi Khusus tahun 1991. Setelah dirilisnya edisi ini, Dissection diterima di Corpsegrinder Records.

Tahun 1992, Dissection mulai menggarap album pertama. Penggarapan itu diklakukan di Gothenburg, Swedia. Setahun kemudian album tersebut selesai digarap, dan diriilis dengan judul The Somberlain. Pada album ini, Dissection masih mengangkat personil Mayhem, yaitu Øystein Aarseth. Gitaris mayhem yang mati dibunuh pada tahun itu (1993).

November 1994, Dissection menandatangani kontrak dengan Nuclear Blast. Setahun kemudian album keduanya dirilis, berjudul Storm Of The Light's Bane. Setelah album tersebut dirilis, pada tahun 1996, band ini merilis EP keduanya Where Dead Angels Lie. Namun sangat disayangkan, Jon Nödtveidt dipenjara karena dinyatakan bersalah karena membantu melakukan pembunuhan Josef Ben Meddaours pada tahun 1997, dan baru pada tahun 2004, Jon Nödtveidt dibebaskan. Setelah bebas, ia kembali membentuk band Dissection dengan personil baru. Setelah itu, band ini menggarap album EP ketiganya (Maha Kali) yang dirilis pada tahun tersebut, dan mengadakan tour bernama "The Rebirth of Dissection".

Pada tahun 2006, band in merilis album barunya “Reinkaos”. Dalam album tersebut, Dissection berkerjasama dengan The End Records. Dan dalam album ini, Dissection menggunakan lirik-lirik yang berasal dari Reinkaos – kata-kata magic yang berasal dari aliran MLO.

Untuk mempromosikan album tersebut, Dissection berencana melakukan tour di Amerika Serikat dan Eropa. Namun tour di amerika akhirnya gagal karena Jon tidak diperbolehkan tour di Amerika, yang akhirnya hanya diadakan di Eropa.

Tak lama setelah tour selesai, Jon Nödtveidt pada tanggal 16 Agustus 2006 ditemukan bunuh diri di Apartemenya dengan The Satanic Bible di samping mayatnya. Dan dalam berita kematiannya, Jon Nödtveidt diakabarkan sebagai anggota MLO. Personil lain dalam bandnya pun juga menjadi member aliran tersebut. Diamana dalam aliran tersebut, penganutnya beranggapan bahwa setan membawa kebenaran dan percaya bahwa setelah mati mereka akan menuju Chaosophy. Nama alam yang diyakini para member MLO.


Album :

The Somberlain (1993)
Storm of the Light's Bane (1995)
Reinkaos (2006)
Into Infinite Obscurity (EP) (1991)
Where Dead Angels Lie (EP) (1996)
The Past Is Alive (The Early Mischief) (1997)
Live Legacy (live) (2003)
Maha Kali (EP) (2004)
The Grief Prophecy (1990)
Live & Plugged Vol. 2 (VHS) (1997)
Rebirth of Dissection (DVD) (2006)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar