Minggu, 08 November 2009

Dimmu Borgir

Dimmu Borgir, adalah band Black Metal yang mendapat pengaruh Satanisme yang didirikan pada tahun 1993 di Oslo, Norwegia. Band yang dibentuk oleh Shagrath, Silenoz, dan Tjodalv ini, selain memainkan aliran Black Metal, juga memainkan Symphonic Black Metal Dan Black-Death Metal.
Ciri khas musik mereka musik yang sangat melodius, vokalis yang menggunakan style growl yang berat, double bass drum yang sangat sering pada setiap lagu-lagunya, riff gitar berat, dan terkadang disisipkan mantra-mantra pemujaan kepada setan.

Inn i evighetens mørke adalah album demo pertama band ini, dirilis pada tahun 1994. Setelah itu band ini merilis album bertajuk For All Tid (1995). Setelah peluncuran album pertamanaya itu, Stormblåst (1996) dirilis – yang dalam album yang berisikan 10 lagu itu, banyak berisikan mantra pemujaan dan lirik anti kristus.

Namun Dimmu Borgir masih belum puas dengan semua ini. Band ini pada thun 1997 meluncurkan albumnya yang ketiga bertitel Enthrone Darkness Triumphant – yang juga masih menyuarakan tema-tema antikristus dan stanisme.

Musik yang dimainkan oleh Dimmu Borgir memiliki kharakteristik yang khas. Kemampun vokalis yang sangat hebat dalam memainkan nada-nada penuh gerutanya itu, menyajikan style baru dalam dunia Black Metal. Gaya riff berat pada gitar yang dimainkan dan video klip style Dimmu Borgir sangat mengesankan untuk band sekelas Black Metal yang baru beberapa tahun lahir.

Musik-musiknya yang kini bertemakan Dekontruksi dan Satanisme membuat band ini makin terangkat. Tekhnik vokal yang dimainkan Shagrath pun memberi nilai tersendiri untuk band ini, dimana ia menggunakan style yang bermacam-macam, yang tak hanya monoton pada style itu-itu saja. Tekhnik semacam ini jarang ditemui pada genre metal lain.

Album :

For all tid (1994)
Stormblåst (1996)
Enthrone Darkness Triumphant (1997)
Spiritual Black Dimensions (1999)
Puritanical Euphoric Misanthropia (2001)
Death Cult Armageddon (2003)
Stormblåst MMV (2005)
In Sorte Diaboli (2007)

3 komentar:

  1. keren banget ini band. album ke terakhir abrahadabra lagu nya bagus bagus tuh.

    BalasHapus
  2. top to Dimmu Borgir............. by Sandra ( Fans Dimmu Borgir )

    BalasHapus
  3. top to Dimmu Borgir............. by Sandra ( Fans Dimmu Borgir )

    BalasHapus