Jumat, 23 Oktober 2009

Sejarah Progresive Metal


Progressive Metal adalah genre campuran progresif art rock dan heavy metal, yang sedikit dipengaruhi oleh musik jazz dengan karakter melodi dasar yang menghasilkan musik dengan suara rumit, menantang, dan  menggunakan banyak distorsi gitar listrik.

Queensryche dan Fates Warning adalah dua band yang sangat berpengaruh dalam genre ini. Namun diluar semua itu, Dream Theater adalah bintang utama dari gentre ini, ialah band yang mengusung genre Progressive Metal yang sangat berpengaruh dan paling terkenal hingga saat ini.

Pada awalnya, kedua band ini (Queensryche dan Fates Warning ) muncul pada tahun perkisaran 80-an awal dengan gaya musik khasnya, yang canggih dengan distorsi khasnya, dan kerumitan tersendiri dalam musiknya. Tahun-tahun tersebut adalah awal masa kelahiran genre ini.

Kemudian, dalam perkembangannya, Dream Theater menambahkan lapisan keyboard  yang mewah dan elegan, serta menempatkan kerumitan music yang lebih mencolok. Dimana pada akhirnya, album Dream Theater bertitle “Images and Words” adalah icon kelahiran genre Progressive Metal.

Perintis Genre : Queensryche, Fates Warning, Dream Theater.

Band-band yang terkenal : Spiral Architect, Shadow Gallery, Power Of Omens, later Lost Horizon, Pagan's Mind, Dreamscape, Threshold, Ion Vein, Pain Of Salvation, Spock's Beard, Symphony X.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar