Jumat, 16 April 2010

Pioneer of Technical Death Metal Band - Oppressor

Oppressor dibentuk pada tahun 1991 di Chicago, Illinois. Band ini dibentuk oleh Tim King dan Adam Zadel. Tak beberapa lama kemudian, Jim Stopper dan Tom Schofield bergabung sebagai gitaris dan drumer. Band ini menggunakan genre Death Metal yang mendapat pengaruh dari band-band besar seperti Morbid Angel, Gorguts, Death, dan Suffocation. Sebagai pengaruhnya, musik mereka memiliki kharakteristik berbeda dari Death Metal pada umumnya, dan khas. Bentuk musik ini kemudian dikenal dengan nama Technical Death Metal. Tema-tema yang mereka pergunaka umumnya tentang penderitaan, darah, kematian, dan kebejatan moral.

Album Demo pertama mereka dirilis pada thaun 1991 berjudul World Abomination. Tak puas dengan satu demo, band merilis demo kedua berjudul As Blood Flows pada tahun 1992. Dan, di tahun ini pula, Oppressor mendapatkan kontrak kerjasama dengan Red Light Records, dan merilis album Solstice of Oppression pada tahun 1994. Kemudian di tahun yang sama, band dan merilis album demo mereka yang ketiga berjudul Oppressor. Namun sangat disayangkan, perusahaan rekaman Red Light Records bangkrut tak lama sertelah dirilisnya album pertamanya tersebut. Hal ini mengakibatkan band dengan terpaksa mencari perusahaan rekaman baru untuk meneruskan karir.

Pada tahun 1995, band bekerjasama dengan Megalithic Records dan merilis sebuah album live berjudul Oppression Live/As Blood Flows. Di tahun ini pula, Jim Stopper memulai karir baru di dunia Alternative Metal, dengan membentuk band Soil. Sedangkan Shaun dan Ryan menjadi gitaris Brokan Hope. Setalah dirilisnya album live mereka, Oppressor beralih ke Olympic records pada tahun 1996. Peralihan label ini menghasilkan sebuah album baru berjudul Agony yang dirils pada tahun yang sama.

Dua tahun setelah dirilisnya album ketiga, Oppressor merilis album keempat ‘Elements of Corrosion”. Album yang dirilis pada tahun 1998 tersebut juga menjadi album penutup karir band Oppressor, hal ini dikarenakan band bentukan Jim Stopper (Soil) pada tahun 1999 menjadi lebih terkenal dibandingkan Oppressor sendiri. Akhirnya setahun setelah perilisan album keempat tersebut (1999). Oppressor bubar.

Discography / Album :

World Abomination (1991/Demo)
As Blood Flows (1992/Demo)
Oppressor (1994/Demo)
Solstice of Oppression (1994)
Oppression Live/As Blood Flows (1995)
Agony (1996)
Elements of Corrosion (1998)

1 komentar:

  1. gue suka band Technical Death Metal yang nama nya necropaghist !!

    BalasHapus