Sabtu, 14 November 2009

Mayhem - The Black Metal Band

Mayhem dibentuk pada tahun 1984 di Oslo, Norwegia. Didirikan oleh Øystein Aarseth (Gitaris), Jørn Stubberud (Necrobutcher) Bassis, dan Kjetil Manheim (Drummer).
Termasuk sebagai Band Black Metal yang memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan Black Metal di negara-negara Skandinavia. Band ini selain bergenre Black Metal, juga turut memberikan kontribusi dalam perkembangan Doom Metal, dan Avant-grade Metal.

Band ini sendiri didirikan lantaran terinspirasi oleh band-band Thrash Metal dan Black Metal seperti Bathory, Venom, Slayer, dan Celtic Frost. Band ini kemuidian merilis album Dathcrush setelah merekrut Mesias sebagai Vokalis pada tahun 1987. Awal dirilisnya album ini, hanya dibuat 1000 copy.

Band ini juga sangat kontroversial dengan lagu-lagu yang bertemakan kekerasan, Neo-Nazisme, dan para personil yang menjadi Member of Satanic Crunch.

Pada tahun 1990, dikabarkan bahwa personil Mayhem pindah ke "sebuah rumah tua di hutan" dekat Oslo. Mereka mulai menulis lagu untuk album baru, De Mysteriis Dom Sathanas. Disinilah Dead bunuh diri, yang kemudian ditemukan oleh Arseth dengan pergelangan tangan yang terpotong dan tembakan di kepala. Dan yang menarik, Arseth malah pergi membeli kamera sekali pakai untuk memotret mayat Dead.

Setelah kejadian itu, penggarapan album De Mysteriis Dom Sathanas dilanjutkan. Bertepatan dengan rilis album, Øystein Aarseth dan Vikernes telah bersekongkol untuk meledakkan Nidaros Katedral, yang kemudian dijadikan sampul album. Setelah itu, Øystein Aarseth dibunuh pada Agustus 1993. Pembunuhnya adalah Vikernes dengan dalih Arseth akan membunuhnya. Kemudian Vikernes dijatuhi hukuman 21 tahun penjara atas pembunuhan dan pembakaran gereja. Hal ini mengakibatkan Mayhem vakum karena yang tertinggal hanyalah Hellhammer.

Mayhem kemudian dibentuk kembali oleh Hellhammer, dengan personil Rune Eriksen, Maniac dan Necrobutcher. Yang kemudian merilis Wolf's Lair Abyss (1997, EP). Dan disusul dengan rilis album Grand Declaration of War (2000).

Album :
Deathcrush (1987)
De Mysteriis Dom Sathanas (1994)
Wolf's Lair Abyss (1997)
Grand Declaration of War (2000)
Chimera (2004)
Ordo Ad Chao (2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar